Penyebab Pengangguran di NTB, Sarjana Malu Bekerja di Luar Gelar

Wecome Startupspark di Portal Ini!

Mataram – Berdasarkan data BPS Agustus 2022, NTB memiliki jumlah angkatan kerja sebanyak 2,80 juta orang dengan jumlah penduduk bekerja 2,72 juta orang dan pengangguran 2,89% atau sebanyak 80.000 orang. Rata-rata jumlah pekerja meningkat 60.000 per tahun. Pada saat yang sama, peningkatan kesempatan kerja tidak terlalu besar. Penyebab Pengangguran di NTB, Sarjana Malu Bekerja di Luar Gelar

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Imigrasi NTB I Gede Putu Aryadi mengatakan, dari 80.000 lebih pengangguran tersebut, sebagian besar pengangguran adalah masyarakat yang berpendidikan tinggi. Hal ini disebabkan karena tenaga kerja terpelajar enggan bekerja di luar gelar pendidikannya.

“Masyarakat yang berpendidikan tinggi punya alasan untuk berbangga jika gelarnya tidak sesuai,” ujarnya pada pembukaan Inisiatif Peningkatan Jaringan Perluasan Kesempatan Kerja pada Rabu, 20 September 2023 di Kota Mataram.

Berdasarkan data WLKP online, NTB mempunyai 12.000 perusahaan, 9.000 di antaranya merupakan perusahaan kecil. Sementara yang teridentifikasi hanya 726 perusahaan menengah dan besar, sehingga kurang dari 500 perusahaan besar. Pesta Kolaborasi Anak SMA Se-Indonesia Semarakan Grand Final Bintang SMA 2023

Artinya, sebagian besar lapangan kerja di NTB adalah pekerja ilegal, 75,36 persen merupakan pekerja rentan; Dari 2,05 juta orang, hanya 600.000 orang yang bekerja di sektor formal, ujarnya.

Untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan, Usaha Kecil Kecil Menengah (UMKM) atau Mandiri Mandiri (TKM) menjadi salah satu kebijakan pemerintah.

UMKM yang dikenal juga dengan nama UMKM atau TKM merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pengangguran dengan cara meningkatkan produktivitas masyarakat khususnya masyarakat menengah ke bawah.

Meski masih ada sebagian masyarakat yang menganggap dirinya sebagai wirausaha, namun pertumbuhan ekonomi setiap tahun pascapandemi berdampak positif terhadap peningkatan jumlah TKM di NTB.

Pada umumnya para pencari kerja, khususnya pegawai baru, biasanya ingin menjadi pegawai pemerintah atau pegawai di perusahaan. Bahkan mereka tidak terpikir untuk membuka peluang usaha atau peluang kerja freelance.

“Sebenarnya untuk menjadi orang baik tidak perlu menjadi PNS, untuk menjadi TKM yang sukses itu lebih dari itu. Butuh proses untuk mencapai kesuksesan. ,” kata Aryadi. Meningkatkan TKM.

Dinas Tenaga Kerja dan Imigrasi NTB sedang menggalakkan peningkatan jumlah TKM. Meningkatkan jumlah TKM; Melalui lembaga pelatihan kerja seperti BLK/LLK, pemerintah dapat menyerap langsung dari negara industri atau membuka industri sendiri di sini untuk memberikan pelatihan keterampilan yang dibutuhkan oleh negara industri.

Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Imigrasi Kabupaten NTB, Pemda NTB membuat Program Inovasi PePADU Plus mulai tahun 2021, yang merupakan strategi untuk mendorong kerja sama DUDI dengan seluruh pemangku kepentingan dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja memasuki dunia industri.

Oleh PePADU plus; Menurut Job Future Analysis, sistem pelatihan telah dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan dunia industri. Peserta magang tidak hanya diberikan kursus yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, namun diberikan pelatihan dunia industri secara langsung, sehingga dapat langsung memasuki dunia industri setelah menyelesaikan kursus. Jika tidak terserap, mereka akan memberikan bimbingan manajemen usaha dan bantuan teknis kepada pengusaha.

“Jika Anda memberikan modal tanpa keterampilan dan pelatihan manajemen usaha, maka usaha Anda tidak akan mendapatkan laba atas investasi. Dalam hal ini, jumlah tersebut akan meningkat jika hanya tersedia kursus-kursus yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Menjadi pengangguran. Oleh karena itu, memberikan pelatihan dan dukungan dengan perangkat bisnis “lebih bermanfaat dibandingkan sekedar memberikan pelatihan atau modal usaha,” jelas Gede. Penyebab Pengangguran di NTB, Sarjana Malu Bekerja di Luar Gelar

Selain itu, pihak NTB menjelaskan, mantan Inspektur Negara Irbansus tidak hanya membutuhkan pelatihan keterampilan di pasar kerja lokal. Keterampilan juga dibutuhkan untuk memasuki pasar kerja asing saat ini.

Misalnya, Korea Selatan saat ini sangat membutuhkan pekerja terampil di bidang teknik. Oleh karena itu, para pekerja yang ingin bekerja di Korea Selatan perlu dipersiapkan dengan baik agar memiliki keterampilan mekanik.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Rafi Ahmed-Nagita Slavina setia bekerja bersama Mbak Lala dan Sensen, saya punya rumah mewah. Rafi Ahmed dengan gembira mengabarkan bahwa dua karyawan kesayangannya, Mbak Lala dan Sensen, akhirnya bisa memiliki rumah sendiri setelah mengalami kesulitan. bekerja Startupspark 8 Februari 2024

Tulisan ini dipublikasikan di Edukasi. Tandai permalink.